PENGERTIAN AKUNTANSI MANAJEMEN MENURUT PARA AHLI

Belajar akuntansi online kali ini akan menjelaskan beberapa definisi akuntansi manajemen menurut para ahli.

Pengertian Akuntansi Manajemen Menurut Para Ahli

Apa yang dimaksud dengan akuntansi manajemen ? Apa pengertian akuntansi manajemen ?

Definisi akuntansi manajemen menurut para ahli dalam bukunya antara lain sebagai berikut :

Akuntansi manajemen adalah suatu sistem informasi yang berguna bagi pihak manajemen dalam membuat keputusan-keputusan untuk memimpin dan mengendalikan perusahaannya – (D. Hartanto, Op.Cit., halaman 3)

Dari definisi akuntansi manajemen di atas dapat disimpulkan bahwa

  • Yang dimaksud dengan sistem informasi adalah suatu metode untuk mengumpulkan informasi-informasi mengenai hal-hal tertentu yang berkaitan dengan perusahaan yang bersangkutan. Suatu pengambilan keputusan oleh manajemen tanpa didasari informasi yang relevan adalah tindakan yang tidak dapat dibenarkan karena akan mengacaukan jalannya perusahaan.
  • Poin kedua yaitu, produk dari manajemen adalah “keputusan”.

Dengan demikian, “keputusan” dan “sistem informasi” merupakan kebutuhan dan tugas utama yang harus dilakukan oleh setiap level management, dimanapun ia bertugas. Sistem informasi yang tepat guna dan tepat waktu akan dapat menghasilkan keputusan-keputusan yang jitu.

Pengertian akuntansi menajemen menurut National Association of Accountant yaitu :

Management accounting is the process of identification, measurement, accumulation analysis, preparation and communication of financial information used by management to plan, evaluate and control within an organization and to assure appropriate use of and accountability for its resources. Management accounting also comprises the preparation of financial report for non management groups such as share holders, creditors, regulatory agency and tax authorities – (Tjandra Bachtiar, Majalah Akuntansi Nomor 23 Juni 1986, halaman 8 dengan judul “Statemen on Management Accounting”)

Dari pengertian manajemen akuntansi diatas dapat kita simpulkan bahwa akuntanasi manajemen merupakan suatu proses berkelanjutan dari akuntansi itu sendiri setelah data dapat dikumpulkan dicatat dan dilaporkan dalam bentuk laporan keuangan. Sedangkan macam-macam proses tersebut meliputi proses indentifikasi, proses pengukuran, proses pengumpulan, proses analisis proses persiapan/penyusunan dan proses interprestasi dan proses komunikasi dari seluruh informasi keuangan yang diperlukan (dibutuhkan) oleh manajemen. Jadi informasi keuangan tadi perlu diolah terlebih dahulu agar menjadi informasi yang relevan dengan keperluan manajemen.

Pengertian akuntansi manajemen menurut Mulyadi :

Akuntansi manajemen adalah suatu informasi keuangan yang dihasilkan oleh serangkaian metode akuntansi manajemen yang digunakan oleh pengguna internal dalam suatu organisasi atau perusahaan – (2001 : Mulyadi)

Pengertian akuntansi manajemen menurut Darsono Prawironegoro adalah sebagai berikut :

Akuntansi manajemen adalah serangkaian tindakan dan proses akuntansi yang bertujuan untuk mengukur dan mengevaluasi kinerja personal yang terlibat dalam organisasi dengan menggunakan ukuran kinerja keuangan dan kinerja non keuangan. Selain itu akuntansi manajemen juga berguna untuk membuat strategi dan rencana jangka panjang – (2008 : Darsono Prawironegoro)

Pengertian akuntansi manajemen menurut Hansen Mowen :

Akuntansi manajemen adalah serangkaian sistem informasi yang menghasilkan keluaran (output) dengan menggunakan masukan (input) dan memrosesnya untuk mencapai tujuan khusus manajemen. Proses tersebut dapat berupa pengumpulan (collecting), pengukuran (measuring), penyimpanan (storing), analisis (analysis), pelaporan (reporting) dan pengelolaan (managing) informasi – (1999 : Hansen/Mowen Jilid 1)

Akuntansi manajemen tidak hanya diperlukan oleh pihak manajemen intern perusahaan saja tetapi juga ada pihak-pihak yang membutuhkan informasi akuntansi lainnya seperti pemegang saham, para kreditor, aparat pemerintah dan penguasa perpajakan. Dengan demikian dari definisi di atas juga dapat diambil kesimpulan bahwa banyak kegiatan atau bidang akuntansi manajemen yang saling berhubungan dan harus dikoordinasikan disusun dan dilaksanakan sedemikian rupa untuk mencapai tujuan organisasi.

Itulah beberapa contoh pengertian akuntansi manajemen menurut para ahli akuntansi. Semoga artikel akuntansi manajemen ini bermanfaat bagi teman-teman semua ! Baca juga konsep dasar akuntansi menurut para ahli :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *