PENGERTIAN AKUNTANSI KEUANGAN DAERAH MENURUT PARA AHLI


Pengertian Akuntansi Keuangan Daerah Menurut Para Ahli

Apa yang dimaksud akuntansi keuangan daerah ? Apa itu akuntansi keuangan daerah ?


Definisi akuntansi keuangan daerah menurut para ahli :

Pengertian akuntansi keuangan daerah adalah serangkaian proses pencatatan, pengelompokan, pengikhtisaran dan pelaporan dalam bentuk unit moneter atas berbagai transaksi dan kejadian-kejadian yang bersifat keuangan yang berguna dalam penyelenggaraan urusan pemerintahan yang berdasarkan atas asas otonomi dan prinsip yang berlaku di wilayah NKRI. (Abdul Hafiz, 2006:35)


Definisi akuntansi keuangan daerah adalah proses pengidentifikasian, pencatatan, pengukuran, dan pelaporan transaksi ekonomi dari entitas pemerintah daerah seperti kabupaten, kota atau wilayah provinsi. Hasil informasi keuangan yang dilaporkan tersebut bertujuan untuk pengambilan keputusan oleh pihak-pihak eksternal . (Abdul Halim, 2008:35)


Pengertian akuntansi keuangan daerah (akuntansi sektor publik) adalah serangkaian mekanisme teknis dan analisis akuntansi yang diterapkan pada lembaga-lembaga tinggi negara dan departemen-departemen yang ada di bawahnya seperti pemda, BUMD, BUMN, LSM, yayasan sosial, serta proyek-proyek kerjasama antara sektor publik dan sektor swasta. (Indra Bastian, 2007:15)


Akuntansi keuangan daerah adalah bidang akuntansi yang mempunyai ruang lingkup sistem akuntansi keuangan, akuntansi manajemen, perencanaan keuangan, sistem pengawasan dan pemeriksaan, serta berbagai implikasi finansial atas berbagai kebijakan yang dilakukan oleh pemerintah suatu daerah. (Mardiasmo, 2006:01)


Pengertian sistem akuntansi keuangan daerah adalah serangkaian prosedur yang dapat dilakukan secara manual ataupun menggunakan bantuan komputer yang mulai dari pengumpulan data, pencatatan, pengikhtisaran dan berakhir pada pelaporan keuangan yang dilakukan dalam rangka pertanggungjawaban pelaksanaan APBD . (Permendagri No 13 pasal 232, 2006:76)


Itulah beberapa contoh pengertian akuntansi keuangan daerah menurut para ahli. Semoga bisa menambah referensi teman-teman semua :)