PENGERTIAN AKUNTANSI INTERNASIONAL MENURUT PARA AHLI


Pengertian Akuntansi Internasional Menurut Para Ahli

Apa yang dimaksud dengan akuntansi internasional ? Apa itu akuntansi internasional ?


Definisi akuntansi internasional menurut para ahli :

Pengertian akuntansi internasional adalah akuntansi yang dilakukan untuk transaksi antar negara dengan membandingkan prinsip-prinsip akuntansi yang berlaku di negara-negara yang berlainan dan mengharmonisasikan standar akuntansi di seluruh dunia. (Iqbal, Melcher & Elmallah, 1997:18)


Akuntansi internasional adalah akuntansi yang mencakup semua perbedaan prinsip, metode dan standar akuntasi di semua negara, termasuk prinsip akuntasi (GAAP) yang ditetapkan di tiap-tiap negara. Perbedaan akuntansi ini dikarenakan faktor perbedaan geografi, politik, ekonomi, sosial, dan hukum. Maka dari itu, mau tidak mau akuntan harus menguasai semua prinsip akuntansi yang berlaku di semua negara. [pendekatan akuntansi internasional menurut weirich (Belkaoui, 1985)]


Apa nama standar akuntansi internasional ?

Nama standar akuntansi internasional adalah IFRS (International Financial Reporting Standards). Dulunya IFRS dikenal dengan nama IAS (Internasional Accounting Standards) yang dikeluarkan oleh IASC (Internasional Accounting Standards Committee / komite standar akuntansi internasional). IFRS merupakan kumpulan standar dasar prinsip akuntansi yang penerapannya dilakukan secara internasional.


Dapat disimpulkan bahwa akuntansi internasional adalah akuntansi yang mencakup semua aspek akuntansi yang berlaku di seluruh dunia. Akuntansi internasional semakin diperlukan dikarenakan semakin meningkatnya bisnis internasional yaitu bisnis yang aktivitasnya melewati batas-batas antar negara seperti perdagangan internasional, bisnis transportasi, bisnis jasa periklanan, pariwisata, perbankan dan lain sebagainya.

Pendek kata, akuntansi internasional adalah bidang akuntansi yang berkecimpung pada transaksi internasional, serta harmonisasi atas berbagai standar akuntansi dalam berbagai bidang seperti pajak, auditing dan bidang akuntansi lainnya.


Itulah beberapa contoh pengertian akuntansi internasional menurut para ahli. Semoga bisa menambah wawasan teman-teman semua :)