PENGERTIAN AKUNTANSI BIAYA MENURUT PARA AHLI

Materi pengertian definisi akuntansi biaya ini akan menjelaskan tentang definisi akuntansi biaya dan tujuannya.

Pengertian Akuntansi Biaya Menurut Para Ahli

Apa pengertian akuntansi biaya dan tujuan akuntansi biaya ?

Definisi akuntansi biaya menurut para ahli antara lain sebagai berikut :

Akuntansi biaya adalah sebuah metode akuntansi untuk mengumpulkan, mengklasifikasikan, dan mencatat semua biaya yang ditimbulkan dalam melaksanakan suatu kegiatan atau menyelesaikan suatu tujuan tertentu. Data ini kemudian diringkas dan dianalisis untuk menentukan harga jual, atau untuk menentukan di mana pos pos tertentu yang memungkinkan untuk dilakukan penghematan biaya. Akuntansi biaya berbeda dengan akuntansi keuangan. Akuntansi keuangan menganggap uang sebagai ukuran kinerja ekonomi, sedangkan akuntansi biaya menganggap uang sebagai faktor ekonomi dalam produksi.

Akuntansi biaya adalah serangkaian proses akuntansi yang bertujuan untuk mencatat semua biaya produksi perusahaan dengan menilai biaya input ( biaya masukan ) dari setiap langkah produksi serta biaya tetap seperti penyusutan peralatan modal. Akuntansi biaya akan mengukur dan mencatat biaya-biaya tersebut secara detail, kemudian membandingkan hasil input ke hasil output atau hasil yang sebenarnya untuk membantu pihak manajemen dalam mengukur kinerja keuangan.

Arti akuntansi biaya adalah sumber informasi bagi laporan keuangan khususnya dalam hal yang berkaitan dengan penilaian persediaan. Namun, akuntansi biaya tidak terlibat secara langsung dalam pembuatan laporan keuangan.

Definisi akuntansi biaya adalah metode akuntansi yang mengkaji serangkaian biaya bisnis dalam suatu perusahaan. Caranya yaitu dengan mengumpulkan beragam informasi tentang biaya yang ditimbulkan oleh aktivitas perusahaan, menetapkan biaya tersebut untuk produk dan jasa ataupun objek biaya lainnya, dan kemudian proses pengevaluasian efisiensi penggunaan biaya.

Akuntansi biaya adalah serangkaian proses akuntansi yang bertujuan untuk :

  • Menentukan biaya bahan baku langsung, tenaga kerja langsung, overhead tetap, biaya overhead variabel, dan biaya periode.
  • Menentukan biaya standar (apabila perusahaan tersebut menggunakan sistem biaya standar).
  • Menentukan harga transfer.
  • Mengkaji biaya yang ditimbulkan sehubungan dengan kegiatan usaha yang dilakukan, untuk melihat apakah perusahaan tersebut menggunakan sumber daya secara efektif.
  • Menganalisis perubahan berbagai macam biaya yang ditimbulkan.
  • Mengevaluasi kebutuhan belanja modal.
  • Menentukan apakah suatu biaya dapat dikurangi atau tidak.
  • Memberikan laporan biaya kepada pihak manajemen, sehingga mereka dapat menjalankan bisnis secara lebih baik.
  • Menganalisis sistem produksi untuk mencari berbagai hambatan dan bagaimana hambatan tersebut bisa mempengaruhi output yang dihasilkan oleh sistem manufaktur secara keseluruhan.

Nah itulah beberapa pengertian akuntansi biaya menurut para ahli. Semoga bermanfaat ! Baca juga fungsi akuntansi biaya perbankan :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *