PENGERTIAN AKTIVA TIDAK BERWUJUD DAN CONTOHNYA

Pengertian Aktiva Tidak Berwujud dan Contohnya

Apa itu aktiva tidak berwujud ? Apa yang dimaksud aktiva tidak berwujud ?

Bahasa inggrisnya aktiva tidak berwujud adalah intangible assets. Pengertian aktiva tak berwujud adalah jenis assets yang tidak berwujud, yang nilainya sangat tergantung pada hak-hak yang dapat dinikmati pemiliknya. Aktiva tak berwujud (intangible assets) mencerminkan hak / hak istimewa atau posisi yang menguntungkan perusahaan dalam menghasilkan pendapatan. (Aktiva tidak berwujud menurut PSAK)

Dari definisi aktiva tidak berwujud di atas, secara umum dapat dikatakan bahwa intangible assets adalah assets yang tidak mempunyai wujud fisik dan tidak dapat dipisahkan dari perusahaan atau kekayaan fisik persediaan; tetapi karakteristik yang paling menonjol/paling penting yang merupakan ciri khas dari intangible assets adalah tingkat ketidakpastian yang tinggi mengenai nilai dari manfaat-manfaatnya dimasa yang akan datang yang akan diterima.

Apa saja contoh aktiva tidak berwujud menurut PSAK ?

Contoh aktiva tidak berwujud berdasarkan masa manfaatnya yaitu :

  • Aktiva yang tidak berwujud yang masa manfaatnya tidak terbatas. Contoh : trade mark & goodwill.
  • Aktiva yang tidak berwujud dengan masa manfaat yang dibatasi oleh undang-undang, peraturan/persetujuan atau oleh sifat aktiva itu sendiri. Contoh : hak patent, hak cipta & franchise.

Selanjutnya dinyatakan bahwa amortisasi aktiva yang tidak berwujud yang masa manfaatnya tidak terbatas, amortisasinya dapat dilakukan secara sistematis berdasarkan pertimbangan yang layak.

Berdasarkan uraian-uraian di atas, dapat kita simpulkan bahwa untuk aktiva tak berwujud yang mempunyai masa manfaat yang terbatas ataupun tidak terbatas harus dilakukan amortisasi selama masa manfaatnya. Hal ini mengindikasikan bahwa aktiva tak berwujud merupakan subyek dari amortisasi.

Itulah penjelasan singkat mengenai pengertian aktiva tidak berwujud dan contohnya. Semoga bermanfaat ! Baca juga ciri-ciri aktiva tetap berwujud & tujuan penyusunan laporan aktiva tetap :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *