PENGERTIAN AKTIVA TETAP TIDAK BERWUJUD DAN CONTOHNYA


Pengertian Aktiva Tetap Tidak Berwujud

Apakah yang dimaksud dengan aktiva tetap tidak berwujud (Intangible Fixed Assets) ?


Aktiva tetap tidak berwujud adalah harta tetap yang bersifat abstrak, atau immateriil, yang tidak dapat ditangkap dengan panca indera, terutama mata.


Contoh Aktiva Tetap Tidak Berwujud

Sebutkan dan jelaskan macam-macam aktiva tetap tidak berwujud !


Jenis aktiva tetap tidak berwujud terdiri dari :

  • Hak Patent, yaitu hak atas sesuatu barang ciptaan yang diberikan oleh pemerintah kepada penciptanya, dengan disertai perlindungan hukum dari peniruan dan pemalsuan pihak lain.
  • Hak Copyright, adalah hak cipta atas sesuatu naskah (karangan) yang diberikan oleh pemerintah kepada penciptanya, dengan disertai perlindungan hukum dari peniruan dan pemalsuan pihak lain.
  • Hak Formula and Special Process, ialah hak atas penemuan sesuatu rumus atau sesuatu proses pembuatan sesuatu produk, yang diberikan oleh pemerintah kepada penciptanya, dengan disertai perlindungan hukum dari peniruan dan pemalsuan pihak lain.
  • Hak Franchise, ialah hak untuk menggunakan fasilitas-fasilitas tertentu milik negara (pemerintah),yang biasanya dipergunakan untuk kepentingan umum (public utility).
  • Hak Trade Mark, adalah hak cipta dan hak untuk menggunakan sesuatu tanda pengenal atau simbol atas sesuatu barang yang diusahakan, yang diberikan oleh pemerintah dengan disertai perlindungan hukum dari peniruan dan pemalsuan pihak lain.
  • Goodwill, yaitu keistimewaan atau kelebihan yang dimiliki oleh sesuatu perusahaan, dan tidak selalu dimiliki pula oleh setiap perusahaan yang lain. Keistimewaan tersebut antara lain letak lokasi perusahaan yang strategis, nama baik perusahaan, managemen yang baik, reputasi dari personalianya dan sebagainya.
  • Organization Cost, adalah biaya-biaya yang dikeluarkan dan ditanggung dalam rangka pengorganisasian, pembentukan, pendirian perusahaan yang bersangkutan. Contoh biaya-biaya tersebut misalnya biaya rapat-rapat pembentukan, biaya survey dan research, biaya memperoleh izin usaha, biaya memperoleh izin gangguan (hinder), biaya memperoleh izin gudang, biaya pengeluaran (pencetakan) saham dan sebagainya.

Semoga artikel pengertian aktiva tetap tidak berwujud beserta contohnya ini bisa menambah wawasan teman-teman semua :)