PENGERTIAN ACCRUED PAYABLE


Pengertian Accrued Payable

Apa definisi accrued payable / pengertian accrual payable ?


Accruals Payable / Accrued Payable adalah biaya yang merupakan kontra prestasi atas jasa-jasa pihak lain, yang sebenarnya sudah menjadi kewajiban perusahaan untuk membayar, tetapi belum dibayarkan, sehing­ga hal ini merupakan utang.

Pendek kata, arti accrued payable adalah beban yang masih harus dibayar atau perkiraan jumlah utang perusahaan untuk biaya yang terjadi, namun biaya tersebut belum dibayar atau yang dicatat melalui transaksi rutin. Hutang ini dianggap sebagai kewajiban jangka pendek dan muncul akan diklasifikasikan di dalam neraca.

Contoh :

Misalnya perusahaan mempunyai Bond Payable yang berupa 100 lembar obligasi dengan nilai nominal Rp 100 juta setiap lembar. Bunga sebesar 12% setahun yang dibayarkan tiap-tiap tanggal 1 Mei dan tanggal 1 November. Dengan demikian pada tanggal 31 Desember 2018 perusahaan sudah berkewajiban membayar bunga selama 2 (dua) bulan terhitung dari tanggal 1 November 2018 = 2/12 x 12% x 100 x Rp. 100 juta = Rp. 200 juta. Akan tetapi bunga tersebut baru akan dibayarkan pada tanggai 1 Mei 2019 nanti, sehingga pada saat tutup tahun 2018 tersebut masih berupa utang. Jumlah ini dibukukan ke dalam perkiraan Accured Interest Payable (Utang Bunga), dengan melalui journal adjustment (jurnal penyesuian) :

Interest Expenses           200 juta

Accrued Interest Payable           200 juta


Itulah penjelasan singkat mengenai pengertian accrued payable. Semoga bermanfaat :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *