PENDEKATAN KESENJANGAN PERENCANAAN (PLANNING GAP)

Pendekatan Kesenjangan Perencanaan (Planning Gap)

Apa yang dimaksud dengan pendekatan kesenjangan perencanaan ?

Pendekatan kesenjangan perencanaan (Planning Gap) adalah sebuah alat analisis sederhana yang dapat membantu mengidentifikasi kesenjangan antara kondisi saat ini dengan kondisi masa depan  yang ingin dicapai, beserta tugas-tugas yang harus dipenuhi untuk menutup kesenjangan ini. Perencanaan ini yang pada hakikatnya merupakan perencanaan strategis jangka panjang.

Dalam hal ini kita mencoba melihat keadaan usaha yang dimiliki pada saat ini lengkap dengan proyeksinya dari produk-produk yang ada dalam Portofolio. Kemudian dari proyeksi keadaan sekarang itu kita berusaha untuk menganalisa potensi-potensi baru yang mungkin dikembangkan, diusahakan dan dieksploitasikan. Potensi inilah yang disebut dengan planning gap.

Sebagai contoh : Jika restoran kecil yang saat ini hanya melayani penduduk lokal ingin berubah menjadi restoran besar nomor satu dengan pangsa pasar turis asing, maka planning gap akan mengidentifikasi hal-hal apa saja yang perlu dilakukan untuk memenuhi perubahan tersebut. Perubahan ini bisa termasuk relokasi ke daerah yang lebih banyak wisatawannya, mengubah menu, ataupun memperkerjakan lebih banyak staf.

Potensi baru tersebut dapat dimulai dari yang paling mudah dan sederhana yaitu mengembangkan pasar baru. Potensi yang berikutnya yang lebih sulit dan lebih banyak mengandung risiko adalah mengembangkan produk baru. Upaya pengembangan produk baru ini memerlukan pemikiran dan pembahasan yang lebih terperinci. Produk baru perlu selalu dikembangkan apabila perusahaan ingin selalu dapat menjaga keseimbangan dengan lingkungan masyarakatnya.

Kehidupan masyarakat akan selalu berkembang yang mengakibatkan timbulnya kebutuhan-kebutuhan baru baik jenis maupun mutunya. Pengusaha yang tidak melakukan antisipasi terhadap perubahan kebutuhan masyarakat itu akan terganggu proses keseimbangan perusahaan dengan lingkungannya. Oleh karena itu meskipun upaya pengembangan produk baru tersebut penuh dengan risiko, hal tersebut haruslah selalu dilaksanakan.

Itulah penjelasan singkat mengenai pendekatan kesenjangan perencanaan (planning gap). Semoga bisa dimengerti. Baca juga pengertian perencanaan manajemenlangkah-langkah perencanaan manajemen :)