PENDEKATAN ETIS DALAM TEORI AKUNTANSI

Materi teori akuntansi kali ini akan menjelaskan beberapa contoh pendekatan etis dalam teori akuntansi (pendekatan etika dalam teori akuntansi).

Pendekatan Etis Teori Akuntansi

Apa yang dimaksud dengan pendekatan etis dalam teori akuntansi ?

Pendekatan etis adalah sebuah metode dan prinsip yang digunakan untuk mengembangkan teori akuntansi dari segi perilaku para pemakai laporan (behavioral obyectives). Pendekatan etis di dalam teori akuntansi memberikan penekanan kepada konsep keadilan (justice), kebenaran (truth) dan kelayakan (fairness). Ketiga (3) konsep tersebut sebenarnya merupakan pandangan bahwa laporan keuangan tidak terjangkit oleh pengaruh atau bias yang tidak semestinya (are not subyect to undue influence or bias).

Konsep keadilan (justice) mengartikan bahwa laporan keuangan tidak boleh dibuat untuk memenuhi kepentingan seseorang atau suatu kelompok atas kerugian orang atau kelompok yang lain, artinya laporan keuangan harus mempertimbangkan kepentingan semua pihahak harus mendapatkan perhatian menurut proporsinya (seimbang), khususnya untuk menghindari pihak-pihak yang memegang kuasa untuk menentukan prosedur akuntansi yang dipergunakan.

Konsep kebenaran (truth) dalam konteks akuntansi merupakan pengertian-pengertian yang paling sulit didefinisikan. Kebanyakan berpendapat bahwa kebenaran diartikan sebagai persesuaian dengan keadaan yang sebenarnya atau berdasarkan fakta. Dilain pihak, kebenaran juga dapat diartikan (dalam akuntansi) sebagai persesuaian dengan prinsip-prinsip akuntansi yang telah diterima. Sementara itu D.R.Scott dalam hal kebenaran ini memberikan pandangan bahwa laporan keuangan harus menyajikan pernyataan yang benar dan akurat.

Konsep kelayakan (fairness) sebenarnya sama dengan pengertian konsep kebenaran (truth) tetapi dalam arti yang lebih luas. Leonard Spacek dalam AICPA Accounting research study no. 3 berpendapat bahwa kelayakan berarti tidak memihak dan adil kepada seseorang maupun kelompok yang mempunyai kepentingan, artinya penyaji laporan keuangan harus independent (tidak memihak).

Itulah penjelasan singkat mengenai pendekatan etis dalam teori akuntansi. Semoga bermanfaat ! Baca juga tingkatan teori akuntansi :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *