PENDAPATAN OPERASIONAL DAN PENDAPATAN NON OPERASIONAL BANK

Materi akuntansi perbankan tentang pendapatan operasional dan pendapatan non operasional ini akan menjelaskan tentang :

  • Pengertian pendapatan operasional dan nonoperasional bank
  • Contoh pendapatan operasional dan non operasional bank dan
  • Perbedaan pendapatan operasional dan nonoperasional perbankan

Pendapatan Operasional dan Nonperasional

Pendapatan operasional perbankan dibagi ke dalam 2 golongan yaitu pendapatan operasial dan non operasial. Untuk memahami perbedaan pendapatan operasional dengan non operasional ini, ada baiknya kamu memahami pengertian dari masing-masing pendapatan tersebut.

Pendapatan Operasional Bank

Pengertian pendapatan operasional bank adalah semua pendapatan yang merupakan hasil langsung dari kegiatan usaha bank dan pendapatan tersebut benar-benar telah diterima.

Apa saja contoh pendapatan operasional bank / jenis pendapatan operasional bank ?

Pendapatan operasional bank terdiri dari :

Provisi dan komisi

Yang dimasukkan ke dalam rekening ini adalah provisi dan komisi yang dipungut ataupun diterima oleh bank yang bersangkutan dari berbagai kegiatan yang dilakukan seperti provisi kredit, provisi transfer, komisi pembelian / penjualan efek-efek dan kegiatan lainnya.

Hasil bunga

Yang dimasukkan ke dalam rekening ini hasil bunga ini adalah pendapatan bunga, baik dari pinjaman yang diberikan maupun dari penanaman-penanaman yang dilakukan oleh bank yang bersangkutan seperti giro, obligasi, simpanan berjangka dan surat pengakuan hutang lainnya.

Pendapatan karena transaksi devisa.

Yang dimasukkan ke dalam rekening ini adalah keuntungan yang diperoleh bank yang bersangkutan dari berbagai macam jenis transaksi devisa, misalnya selisih kurs pembelian / penjualan valas, selisih kurs karena konversi, provisi, komisi dan bunga yang diterima dari bank-bank di luar negeri.

Pendapatan lain-lain

Yang termasuk ke dalam rekening ini adalah pendapatan lainnya yang merupakan hasil langsung dari kegiatan atau aktivitas lain dari kegiatan usaha bank yang mana kegiatan tersebut tidak termasuk ke dalam rekening pendapatan pada butir pertama sampai dengan ketiga di atas, contohnya deviden yang diperoleh bank yang bersangkutan dari berbagai saham yang dimilikinya dan sebagainya.

Pendapatan Non Operasional Bank

Pendapatan non operasional bank adalah semua pendapatan yang benar-benar telah diterima dan tidak berhubungan langsung dengan kegiatan usaha bank. Contoh pendapatan non operasional bank : pendapatan sewa ruangan-ruangan kantor dan sewa kendaraan bermotor yang dipergunakan oleh pihak lain, keuntungan karena penjualan aktiva tetap dan inventaris lainnya.

Semoga penjelasan mengenai pendapatan operasional dan pendapatan non operasional ini bisa kamu mengerti ya ! Baca juga dasar-dasar akuntansi perbankan :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *