PEMBEBANAN BIAYA NON DEPARTEMEN PRODUKSI KE DALAM PRODUK JADI

Pada artikel sebelumnya kita sudah membahas tentang jenis biaya non produksi (non manufacturing cost). Lalu bagaimana pembebanan biaya non departemen produksi ini ke dalam produk jadi ?

Biaya non departeman produksi ini tidak boleh dimasukkan ke dalam rekening Overhead Pabrik, sebab pengeluaran biaya ini sama tidak berkaitan dengan pembuatan produk. Setidaknya, biaya-biaya ini harus diperlakukan sebagai biaya pada periode pengeluarannya, dan dibebankan langsung ke laporan rugi laba.

Untuk mengilustrasikan biaya non departemen produksi ini, misal perusahaan mengeluarkan biaya berikut ini selama bulan April :


Gaji pihak manajemen 20 juta
Gaji bagian kantor lain 12 juta
Biaya iklan 30 juta
Biaya penjualan dan administratif 15 juta
Total 77 juta

Maka ayat jurnal untuk mencatat pengeluaran biaya ini adalah :

Biaya Gaji        32 juta

Hutang Gaji dan Upah        32 juta


Biaya Iklan                                                 30 juta

Biaya Penjualan dan Administratif        15 juta

Hutang Dagang                                               45 juta


Oleh karena jenis biaya ini langsung masuk ke rekening biaya, maka biaya ini sama sekali tidak mempunyai pengaruh terhadap penentuan harga pokok produksi perusahaan pada bulan yang bersangkutan. Dengan demikian, seluruh biaya penjualan dan administratif yang dikeluarkan selama satu bulan, seperti depresiasi kendaraan karyawan bagian penjualan, depresiasi peralatan kantor, asuransi fasilitas kantor, sewa fasilitas kantor, dan biaya-biaya lainnya yang bersangkutan akan dibebankan langsung ke laporan laba rugi.

Oke semoga bisa dimengerti ya ! Baca juga pengertian job order costing dan job process costing :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *