OTORISASI UMUM DAN KHUSUS


Apa yang dimaksud dengan otorisasi ? Apa itu otorisasi ? Apa definisi otorisasi


Otorisasi adalah proses untuk memberikan izin seseorang untuk melakukan atau memiliki sesuatu. Di dalam konteks akuntansi dan manajemen, otorisasi kerap kali dihubungkan dengan pembuat kebijakan.

Otorisasi berbeda dengan otentifikasi, dimana otentifikasi adalah sebuah proses untuk memverifikasi apakah sesuatu / orang tersebut benar-benar memiliki hak untuk mengakses atau melakukan sesuatu. Otorisasi adalah proses setelah dilakukannya otentifikasi. Masih bingung ?

Untuk lebih memahami perbedaan otorisasi dan otentikasi, perhatikan contoh sederhana berikut ini :

Pak Budi adalah karyawan Bank BCA. Untuk memasuki pintu kantor tersebut Pak Budi harus menempelkan sidik jarinya (ini adalah proses otentifikasi). Apabila sidik jarinya terdaftar maka dia bisa masuk kantor. Dan Pak Budipun segera memasuki pintu kantor. Lalu tiba-tiba lampu kantor padam dan generator tidak menyala. Apakah Pak Budi bisa melakukannya ? (ini adalah proses otorisasi). Jawabannya TIDAK BISA.

Walaupun Pak Budi bisa masuk kantor, namun bukan berarti dia bisa seenaknya melakukan sesuatu. Dan walaupun dia bisa menyalakan generator, namun dia TIDAK BERHAK karena tidak mempunyai otoritas. Yang mempunyai akses atau otoritas ke lokasi generator adalah teknisi, sedangkan Pak Budi hanyalah seorang teller biasa.


Pengertian Otorisasi Umum dan Khusus

Apa perbedaan otorisasi umum dan khusus ? Berikan contoh otorisasi umum dan khusus !


Pengertian otorisasi umum adalah kebijaksanaan yang dibuat oleh pimpinan untuk diikuti secara seksama oleh setiap lapisan manajemen dan pelaksana aktivitas organisasi.

Contoh otorisasi umum adalah : Dikeluarkannya harga tetap untuk penjualan barang produksi, batas kredit untuk nasabah, dan batas terendah untuk dapat melakukan pembelian secara otomatis.

Sedangkan pengertian otorisasi khusus adalah kebijaksanaan-kebijaksanaan yang dibuat untuk setiap transaksi, dalam arti bahwa pimpinan tidak bermaksud menetapkan otorisasi secara umum melainkan menetapkan otorisasi atas dasar tiap masalah.

Contoh otorisasi khusus : Otorisasi transaksi penjualan oleh pimpinan penjualan untuk menjual mobil-mobil bekas perusahaan.


Semoga artikel otorisasi umum dan otorisasi khusus yang singkat ini bisa menambah pengetahuan teman-teman semua :)