MANFAAT PERENCANAAN DAN PENGENDALIAN PRODUKSI

Manfaat Perencanaan dan Pengendalian Produksi

Apa manfaat perencanaan dan pengendalian produksi baik bagi perusahaan maupun bagi konsumen ?

Manfaat dari perencanaan dan pengendalian produksi atau juga dikenal dengan perencanaan dan pengendalian operasional tidak hanya dirasakan oleh perusahaan saja, namun pihak konsumen juga merasakan manfaatnya.

Manfaat Perencanaan dan Pengendalian Produksi Bagi Konsumen

Adapun manfaat perencanaan dan pengendalian operasi bagi konsumen antara lain :

Kualitas Barang yang Lebih Unggul

Kualitas barang yang semakin baik akan membawa manfaat bagi konsumen dalam arti bahwa barang yang dibelinya adalah kualitas baik, jadi mereka terlindung dari pemakaian barang-barang yang jelek yang mungkin dapat membahayakan mereka atau merugikan mereka.

Harga Barang yang Lebih Murah

Perencanaan dan pengawasan produksi akan dapat menimbulkan adanya peningkatan produktivitas kerja serta efisiensi kerja. Naiknya produkivitas dan efisiensi kerja tersebut akan mengakibatkan menurunnya harga pokok produk yang dihasilkan. Dengan semakin rendahnya harga pokok produk maka tentu saja harga jual dapat ditekan, jadi dengan demikian maka konsumen juga memperoleh manfaat daripadanya.

Ketepatan Waktu Penyelesaian

Dengan tepatnya waktu penyelesaian barang sebagai hasil dari adanya perencanaan dan pengawasan produksi, maka konsumen tidak perlu menunda-nunda kebutuhan mereka. Dengan demikian konsumen juga dapat melakukan perencanaan yang lebih mantap pula terhadap aktivitas-aktivitas yang akan dilaksanakannya.

Manfaat Perencanaan dan Pengendalian Produksi Bagi Perusahaan

Manfaat perencanaan dan pengendalian operasi bagi perusahaan antara lain :

Perbaikan Kondisi Kerja

Dengan semakin majunya usaha yang dilakukan oleh perusahaan tersebut maka akan selalu diusahakan adanya kondisi kerja yang lebih baik. Di samping itu kesadaran bahwa perbaikan kondisi kerja akan dapat meningkatkan produktivitas kerja akan semakin diperhatikan.

Peningkatan Kesejahteraan

Dengan terciptanya kondisi kerja yang lebih baik, pengaturan metode kerja yang lebih menyenangkan dan tidak melelahkan, kualitas barang yang dihasilkan meningkat, lingkungan kerja yang nyaman, komunikasi yang selaras dan serasi di antara para karyawan, akan membawa pada situasi kebanggaan kerja serta kesejahteraan pada karyawan.

Kemantapan dalam Kesempatan Kerja

Hal ini berarti bahwa para karyawan akan memperoleh manfaat dari stabilisasi/ stabilitas usaha dari perusahaan di mana mereka bekerja. Dengan adanya stabilitas usaha tersebut berarti perusahaan dapat menjamin stabilitas dan kontinuitas penghidupan bagi para karyawan.

Keselamatan Kerja Meningkat

Dengan terkendalinya semua aktivitas yang terkait dengan departemen produksi, maka hal ini akan membuat tingkat keselamat kerja menjadi semakin meningkat.

Di samping terciptanya manfaat-manfaat bagi konsumen dan produsen maka perencanaan dan pengawaan produksi yang berhasil akan memberikan manfaat pula kepada investor, suplier bahan, dan juga kepada masyarakat serta bangsa sebagai keseluruhan.

  • Investor memperoleh manfaat dari adanya jaminan akan diperoleh hasil yang cukup memadai dari uang yang diin-vestasikannya ke dalam perusahaan tersebut.
  • Suplier bahan akan memperoleh stabilitas penjualan dari barang-barang yang dijualnya kepada perusahaan itu sebagai bahan dasar ataupun bahan pembantu.
  • Masyarakat dan bangsa tentu saja akan memperoleh manfaat dari kenaikan tingkat income para produsen, dan kemudian dapat menjadikan multiplier effect kepada pembangunan ekonomi bangsa dan negara.

Itulah beberapa manfaat perencanaan dan pengendalian produksi yang wajib kamu ketahui. Baca juga pengertian controlling dalam manajemen :)