MANFAAT PERENCANAAN DALAM MANAJEMEN

Manfaat Perencanaan Dalam Manajemen

Apa manfaat perencanaan dalam manajemen ?

Adapun kegunaan atau manfaat perencanaan dalam suatu manajemen yang utama adalah untuk :

Membentuk Arah Yang Jelas

Karena suatu perencanaan meliputi usaha untuk menetapkan tujuan atau memformulasikan tujuan yang dipilih untuk dicapai, maka perencanaan dapat membedakan arah bagi setiap kegiatan produksi dengan jelas. Dengan adanya kejelasan arah tersebut maka kegiatan akan dapat dilaksanakan dengan efisiensi dan efektivitas yang setinggi mungkin. Sebaliknya tanpa adanya arah yang jelas maka kita tidak akan mengetahui apakah hasil yang kita capai dalam kegiatan itu masih dalam kerangka pencapaian tujuan.

Mengidentifikasi Hambatan-Hambatan

Perencanaan dalam manajemen akan memudahkan dalam mengidentifikasikan hambatan-hambatan yang mungkin timbul dalam usaha mencapai tujuan. Dengan memperhitungkan hambatan-hambatan itu, persiapan untuk mengatasinya menjadi lebih terarah. Pemecahan masalah hambatan ini juga akan mendorong anggota orga-nisasi untuk selanjutnya waspada dalam memilih suatu persoalan sang muncul, melatih mereka dalam pemecahan masalah dan dapat mempertinggi kepekaan mereka terhadap adanya gangguan dalam organisasi.

Memusatkan Perhatian Pada Tujuan Organisasi

Dengan perencanaan, kita dapat mengetahui apakah tujuan-tujuan tersebut telah kita capai. Dengan demikian, koreksi-koreksi terhadap penyimpangan dari tujuan yang telah ditetapkan dapat diketahui seawal mungkin. Akibat dari penilaian berdasarkan tujuan yang telah direncanakan ini, pemborosan dan usaha-usaha yang tidak menunjang pencapaian tujuan dapat dihindari.

Menghindarkan Pertumbuhan dan Perkembangan yang Tak Terkendali

Perencanaan manajemen juga sangat membantu dalam mengidentifikasi pertumbuhan dan perkembangan apa saja yang bisa menghancurkan bisnis di masa yang akan datang. Risiko-risiko yang mengancam tersebut lebih diprioritaskan untuk dihindarkan daripada untuk dihadapi.

Adapun manfaat perencanaan dalam manajemen lainnya antara lain adalah :

  • Untuk memeriksa masalah-masalah kritis yang sedang dihadapi organisasi serta menentukan tujuan organisasi dan cara untuk mencapai tujuan tersebut.
  • Sebagai pedoman yang jelas untuk pengambilan keputusan.
  • Mampu menciptakan dan mengembangkan tim yang mampu menerima pertanggungjawaban atas peran mereka dalam rencana tersebut.
  • Perencanaan meningkatkan moral yang karyawan dan menciptakan suasana ketertiban dan disiplin dalam organisasi.
  • Perencanaan dalam manajemen melibatkan antisipasi peristiwa masa depan dan membantu dalam mengurangi ketidakpastian di masa depan.
  • Perencanaan mendorong manajer untuk menyiapkan blue print yang harus diikuti untuk mencapai sasaran.

Semoga artikel manfaat perencanaan manajemen ini bisa bermanfaat bagi teman-teman semua. Lihat juga pengertian perencanaan manajemen :)