MANFAAT PENILAIAN PERSEDIAAN BARANG DAGANG

Manfaat Penilaian Persediaan Barang Dagang

Apa kegunaan penilaian persediaan barang dagangan ? Apa tujuan pelaporan persediaan ?

Tujuan penilaian persediaan / manfaat penilaian persediaan barang dagang adalah :

Untuk menyajikan informasi kepada perusahaan

Tujuan ini menyangkut berapa nilai produk yang sudah dihasilkan; nilai ini biasanya diasumsikan sebagai selisih antara nilai perusahaan dengan assets tertentu dengan nilai perusahaan tanpa assets tersebut. Sasaran yang terpenting dari tujuan penilaian persediaan ini adalah pengukuran yang dilakukan dapat diinterpretasikan dan bahwa interpretasi yang dimaksudkan itu bisa dijelaskan.

Untuk matching revenue (pendapatan)

Tujuan ini digunakan untuk menghitung rugi/laba dengan melakukan ’’match” (penjodohan/penandingan) antara cost (harga pokok) persediaan dengan revenue yang berkaitan dengan harga pokok tersebut. Penekanan kepada perhitungan net income yang didasarkan kepada revenue (pendapatan) pada saat penjualan sangat diperlukan adanya alokasi biaya (expense) ke periode di mana revenue (pendapatan) tersebut dilaporkan; bagian yang menjadi biaya (expense) untuk di ’’match” dengan revenue adalah costs of goods sold, sedangkan yang belum terjual akan menjadi inventory (persediaan) yang akan dibawa keperiode yang akan datang.

Untuk menyajikan informasi mengenai persediaan yang akan membantu para investor dan pemakai keuangan lainnya untuk meramalkan cash flow dimasa yang akan datang

Tujuan ini dapat dicapai dari dua (2) titik pandangan, yaitu:

  • Jumlah persediaan sebagai sumber-sumber akan dapat mendukung arus kas masuk melalui penjualannya.
  • Jumlah persediaan yang harus disediakan untuk penjualan dikemudian hari akan mempengaruhi arus kas keluar.

Itulah 3 manfaat penilaian persediaan barang dagang secara umum. Baca juga tujuan penyusunan laporan aktiva tetap & pengertian aktiva tidak berwujud dan contohnya :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *