MANFAAT INFORMASI AKUNTANSI BAGI MANAJER

Manfaat Informasi Akuntansi Bagi Manajer

Apa manfaat informasi akuntansi bagi manajemen / kegunaan informasi akuntansi bagi manajer ?

Ada 3 kegunaan informasi akuntansi bagi manajer perusahaan yaitu :

  • Merencanakan secara efektif dan memusatkan perhatian pada penyimpangan rencana.
  • Mengarahkan operasi sehari-hari.
  • Mencapai penyelesaian terbaik sehubungan dengan masalah operasi yang dihadapi organisasi.

MERENCANAKAN SECARA EFEKTIF

Manfaat informasi akuntansi bagi manajer yang paling utama adalah untuk membantu merencanakan program bisnis perusahaan. Rencana manajemen ini dikenal dengan sebutan penganggaran. Anggaran biasanya dipersiapkan atas dasar tahunan. Anggaran tersebut juga menyatakan keinginan dan tujuan manajemen dalam bentuk khusus, yaitu dalam bentuk kuantitatif.

Tetapi perencanaan saja belumlah cukup, dalam hal ini pihak manajemen juga harus memerlukan informasi akuntansi. Akuntansi mampu menyediakan informasi melalui penyediaan laporan-laporan yang akan membantu manajer dalam memusatkan masalah tertentu. Apabila laporan prestasi departemen tertentu menunjukan adanya masalah, maka manajer perlu menemukan penyebab masalah tersebut dan mengambil tindakan korektif bila diperlukan.

Sedangkan apabila laporan prestasi tidak menunjukkan adanya suatu masalah, maka manajer dapat fokus mengerjakan tugas yang lain. Pendek kata, informasi akuntansi adalah suatu bentuk umpan balik bagi manajer yang sangat berguna sekali dalam memanfaatkan waktu kinerja manajemen secara lebih efektif.

MENGARAHKAN OPERASI

Manajer mempunyai kebutuhan  yang konstan akan informasi akuntansi dalam memimpin operasi sehari-hari. Misalnya, selagi manajer departemen menentukan harga pokok produk baru, mereka akan bersandar pada informasi yang disediakan akuntansi untuk memastikan bahwa hubungan harga dan biaya sudah serasi dengan strategi pemasaran yang digunakan perusahaan.

Manajer toko perusahaan akan bersandar pada informasi akuntansi yang lain seperti volume penjualan dan tingkat persediaan selagi mereka berusaha mempersiapkan program periklanan. Dan manajer departemen pembelian akan bersandar pada informasi akuntansi lainnya dalam menilai biaya penyimpanan dan pengurusan. Menurut cara ini dan sejumlah cara lain, kerja akuntan dan manajer mempunyai hubungan yang tidak mungkin terpisah dalam menjalankan operasi sehari-hari.

MEMECAHKAN MASALAH

Informasi akuntansi sangat bermanfaat dalam membantu memecahkan masalah perusahaan. Hal ini dikarenakan informasi akuntansi merupakan faktor penting dalam menganalisis beberapa metode alternatif penyelesaian masalah bisnis yang sedang dihadapi. Akuntansi bertanggung jawab mengumpulkan berbagai data biaya, dan menyampaikannya dalam bentuk yang informatif kepada manajer. Misalnya, perusahaan mungkin mengetahui bahwa pesaing melakukan perang harga terhadap perusahaannya. Dalam memutuskan antara alternatif menurunkan harga atau meningkatkan iklan, perusahaan akan sangat bersandar pada berbagai data & informasi biaya yang disediakan oleh akuntansi.

Itulah 3 manfaat informasi akuntansi bagi manajer yang paling utama. Semoga bisa dipahami :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *