MANFAAT AKUNTANSI MANAJEMEN BAGI PERUSAHAAN

Artikel fungsi akuntansi manajemen ini akan menjelaskan beberapa manfaat informasi akuntansi manajemen bagi pimpinan perusahaan dalam menjalankan fungsinya.

Pada artikel sebelumnya kita sudah mempelajari tentang pengertian akuntansi manajemen menurut para ahli. Nah sekarang timbul pertanyaan baru :

  • Apa fungsi akuntansi manajemen dalam perusahaan ?
  • Apa peran akuntansi manajemen dalam perusahaan ?
  • Apa manfaat akuntansi manajemen bagi pimpinan perusahaan dalam menjalankan fungsinya ?

Manfaat Akuntansi Manajemen Bagi Perusahaan

Ada banyak sekali manfaat akuntansi manajemen bagi manajer perusahaan. Manfaat informasi akuntansi manajemen bagi perusahaan khususnya manajer perusahaan antara lain adalah untuk :

  • Menyediakan alat analisa baik yang bersifat kualitatif ataupun kuantitatif sebagai acuan dalam pengambilan keputusan manajemen.
  • Menyediakan sistem informasi kepada pihak eksternal antara lain laporan-laporan kepada aparat pemerintahan asosiasi usaha dsb.
  • Menyediakan sumber data dan informasi keuangan yang relevan untuk kepentingan manajemen di dalam melaksanakan fungsinya di bidang perencanaan dalam arti yang luas.
  • Menyediakan berbagai sumber informasi untuk penetapan dan pelaporan pertangung-jawaban masing-masing tingkatan manajemen maupun untuk masing-masing unit kerja yang ada di dalam perusahaan yang bersangkutan, dengan cara-cara yang relevan.
  • Menyediakan berbagai bentuk teknik dan sarana yang diperlukan untuk mengukur performance (prestasi kinerja) yang telah dicapai oleh masing-masing unit kerja di dalam perusahaan maupun prestasi perusahaan secara keseluruhan.
  • Menyediakan informasi untuk monitoring perusahaan, baik dalam arti yang luas yang berupa pengendalian, maupun dalam arti yang sempit yang berupa pemeriksaan.
  • Mengkoordinasikan berbagai kegiatan yang ada di dalam perusahaan, agar masing-masing unit kerja dapat bekerja secara sinkron di dalam mencapai tujuan perusahaan, karena tersedianya sistem informasi yang tepat guna dan tepat waktu.

Fungsi akuntansi manajemen dalam perusahaan yang telah disebutkan di atas tentu tidak bisa berdiri sendiri-sendiri, sebab satu sama lainnya tentu akan saling berhubungan dengan erat.

Contohnya saja, informasi yang diperlukan untuk perencanaan bisnis perusahaan setelah diolah menjadi Budget yang disahkan, tentunya akan sangat bermanfaat sebagai alat pengawasan (monitoring), ataupun sebagai alat pengukuran prestasi kinerja perusahaan.

Alat-alat analisa yang sifatnya kualitatif maupun kuantitatif tentu akan sangat membantu dalam setiap proses manajemen, baik pada tahap perencanaan, tahap organisasi, tahap pelaksanaan maupun pada tahap pengawasan. Oleh karena itu masing-masing fungsi / manfaat di atas harus dapat dikoordinir dengan baik.

Nah itulah beberapa manfaat akuntansi manajemen bagi perusahaan terutama bagi manajer / pimpinan perusahaan dalam menjalankan fungsinya. Semoga bisa dimengerti :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *