MACAM MACAM METODE PENYUSUTAN AKTIVA TETAP

Macam Macam Metode Penyusutan Aktiva Tetap

Apa saja jenis-jenis metode penyusutan aktiva tetap dalam akuntansi ?

Macam-macam metode penyusutan aktiva tetap menurut akuntansi yaitu :

Straight line method

Dengan menggunakan metode ini, nilai diskonto manfaat yang akan datang akan menjadi menurun sebagai suatu fungsi WAKTU dan bukan sebagai fungsi pemakaian. Faktor bunga dapat kita abaikan atau diasumsikan dengan diimbangi oleh faktor-faktor lain. Biaya perbaikan, biaya pemeliharaan, efisiensi usaha dan revenue dari aktiva tetap akan relatif KONSTAN.

Variabel charge method

Metode penyusutan menurut metode ini (pembebanan variabel) mengasumsikan bahwa nilai aktiva tetap menjadi berkurang karena PEMAKAIAN aktiva tetap tersebut dan bukan karena lewatnya waktu. Metode ini sangat cocok untuk aktiva tetap yang service valuenya turun karena adanya pemakaian, sedangkan lewatnya waktu tidak menjadi faktor penting dalam penentuan masa hidup asset. Biaya perbaikan, pemeliharaan, dan revenue relatif PROPORSIONAL dengan pemakaian aktiva tetap.

Increasing charge method

Cash flow atau kontribusi revenue bersih tiap-tiap tahun akan KONSTAN, tetapi nilai assets setiap tahun mewakili nilai disconto dari kontribusi yang masih tersisa. Biaya-biaya perbaikan dan pemeliharaan konstan atau menurun selama masa hidup dari aktiva tetap.

Decreasing charge method

Atas dasar metode ini, beban-beban perbaikan dan pemeliharaan akan MENINGKAT, sedangkan efisiensi usaha dan revenue akan MENURUN. Faktor-faktor bunga hanya diakui bila direalisasikan melalui penggunaan assets dan ketidakpastian revenue dalam tahun-tahun berikutnya.

Itulah macam-macam metode penyusunan aktiva tetap yang masih digunakan sampai saat ini. Baca juga pengertian aktiva tidak berwujud dan contohnya & manfaat penilaian persediaan barang dagang :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *