MACAM MACAM AKUNTANSI DAN PENGERTIANNYA

Artikel macam-macam akuntansi dan pengertiannya ini akan menjelaskan spesialisasi bidang akuntansi berdasarkan tujuannya & macam-macam bidang akuntansi dan pengertiannya.

Macam-Macam Akuntansi dan Pengertiannya

Apa saja macam macam akuntansi menurut tujuannya / bidang-bidang akuntansi dan pengertiannya ?

Konsep dasar akuntansi yang diciptakan pada abad ke 15, saat ini telah berkembang dengan sangat luas. Saat ini akuntansi telah berubah jauh dari asalnya yaitu sebagai sistem informasi yang bertujuan untuk keperluan pengambilan keputusan ekonomi.

Perkembangan akuntansi di Eropa pada waktu itu berkembang karena adanya revolusi industri, dan pada akhirnya akuntansi mengalami pertumbuhan yang subur di Amerika Serikat. Saat ini akuntansi telah memasuki segala keperluan yang ada dalam masyarakat usaha, organisasi sosial maupun pemerintahan. Bahkan akuntansi itu sendiri telah memanfaatkan berbagai kajian teori / ilmu pengetahuan yang berada di luar disiplin ilmu akuntansi itu sendiri.

Pada mulanya pihak-pihak yang berkepentingan terhadap akuntansi hanya terbatas pada orang-orang yang pekerjaannya di bidang akuntansi saja, tetapi saat ini semua pihak yang terlibat dengan proses manajemen disetiap badan usaha mempunyai kepentingan langsung terhadap informasi akuntansi sehingga cakupan ruang lingkup akuntansi menjadi lebih besar.

Adapun macam-macam bidang akuntansi berdasarkan tujuannya antara lain sebagai berikut :

  • Akuntansi Umum (Akuntansi Keuangan). Akuntansi umum adalah suatu kegiatan bidang akuntansi yang mengkhususkan diri di dalam penyusunan neraca dan laporan perhitungan laba rugi suatu badan usaha, serta mengkoordinasikan semua kegiatan akuntansi yang terjadi pada badan usaha yang bersangkutan.
  • Akuntansi Biaya. Akuntansi biaya adalah salah satu cabang kegiatan dari akuntansi yang menangani masalah proses akuntansi dari biaya baik yang sudah terjadi maupun biaya-biaya yang masih akan terjadi di suatu badan usaha. ( Baca >> pengertian akuntansi biaya menurut para ahli )
  • Akuntansi Manajemen. Akuntansi manajeman adalah spesialisasi pekerjaan di bidang akuntansi yang mengkhususkan diri dalam proses pengambilan keputusan ekonomi melalui sistem informasi akuntansi yang telah dikembangkan oleh suatu badan usaha.
  • Akuntansi Pemerintahan (Akuntansi Sektor Publik). Akuntansi sektor publik adalah salah satu cabang dari akuntansi yang mengkhususkan diri di dalam proses akuntansi yang terjadi pada lembaga-lembaga pemerintahan, misalnya untuk kotapraja, provinsi ataupun akuntansi untuk suatu negara.
  • Sistem Akuntansi, Sistem akuntansi adalah spesialisasi pekerjaan di bidang akuntansi yang mengkhususkan diri di dalam penyusunan prosedur dan tata cara yang diperlukan di dalam proses akuntansi yang sesuai dengan kebutuhan badan usaha yang bersangkutan.
  • Akuntansi Pengawasan, yaitu spesialisasi pekerjaan di bidang akuntansi yang mengkhususkan diri di bidang pengawasan operasi perusahaan melalui mekanisme akuntansi.
  • Sistem Akuntansi, Sistem akuntansi adalah spesialisasi pekerjaan di bidang akuntansi yang mengkhususkan diri di dalam penyusunan prosedur dan tata cara yang diperlukan di dalam proses akuntansi yang sesuai dengan kebutuhan badan usaha yang bersangkutan.
  • Auditing. Auditing adalah spesialisasi pekerjaan di bidang akuntansi yang mengkhususkan diri di dalam proses penilaian kegiatan operasi perusahaan yang dilakukan secara mandiri dan objektif.
  • Budgeting, yaitu salah satu bentuk spesialisasi pekerjaan di bidang akuntansi yang mengkhususkan diri di bidang penyusunan rencana kerja perusahaan untuk masa-masa yang akan datang yang dimanifestasikan dalam bentuk kesatuan mata uang yang dipakai oleh perusahaan yang bersangkutan.
  • Manajemen Information System, yaitu salah satu bentuk spesialisasi pekerjaan di bidang akuntansi yang mengkhususkan di bidang pengembangan dan penyusunan sistem informasi dari segala jenis bentuknya secara sistematis yang akan berguna bagi manajemen perusahaan yang bersangkutan di dalam proses pengambilan keputusan.
  • Analisa Laporan Keuangan, yaitu salah satu bentuk spesialisasi pekerjaan di bidang akuntansi yang mengkhususkan diri dalam pelaksanaan interprestasi laporan keuangan perusahaan untuk mengetahui berbagai indikator keuangan yang penting dan berguna untuk proses manajemen dari perusahaan yang bersangkutan, atau untuk kepentingan pihak-pihak yang mempunyai interest terhadap perusahaan tersebut.

Macam-Macam Profesi Akuntansi

Apa saja macam-macam akuntansi berdasarkan profesinya ?

Macam-macam profesi akuntansi di Indonesia (4 macam profesi akuntansi) yang sering dijumpai saat ini adalah :

  • Akuntan Publik. Akuntan publik pada umumnya bekerja dibawah naungan KAP (Kantor Akuntan Publik). Seringkali disebut dengan sebutan akuntan eksternal.
  • Akuntan Internal. Akuntan internal adalah akuntan yang bekerja dibawah naugan perusahaan non-KAP. Biasanya bertugas untuk membantu membuat laporan keuangan keuangan internal.
  • Akuntan Pendidik. Akuntan pendidik adalah akuntan yang mendedikasikan dirinya dalam bidang pendidikan seperti dosen dsb.
  • Akuntan Pemerintah. Akuntan pemerintah bekerja di sektor pemerintahan dan kerap kali menjadi auditor pemerintahan.

Nah itulah penjelasan singkat mengenai bidang-bidang akuntansi dan profesi akuntansi. Semoga kamu bisa memahami dan menjelaskan spesialisasi bidang akuntansi berdasarkan profesi dan tujuannya ya :)

Baca juga konsep dasar akuntansi menurut Paul Grady & Patton dan Littleton.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *