LANGKAH-LANGKAH PERENCANAAN MANAJEMEN

Artikel perencanaan manajemen ini akan menjelaskan langkah-langkah penyusunan perencanaan manajemen (4 langkah perencanaan manajemen)

Langkah-Langkah Perencanaan Manajemen

Apa saja langkah langkah dalam menyusun perencanaan manajemen ?

4 tahap dasar perencanaan manajemen / langkah-langkah menyusun perencanaan manajemen yaitu :

Menentukan tujuan yang akan dicapai

Langkah pertama dari proses perencanaan manajemen adalah untuk mengidentifikasi tujuan perusahaan secara spesifik. Proses perencanaan ini harus mencakup semua gambaran rinci / detail dari setiap tujuan. Bila memungkinkan, sasaran harus dijelaskan dalam istilah kuantitatif atau kualitatif. Contoh : tujuan perusahaan adalah untuk meningkatkan keuntungan sebesar 50 persen selama periode 12 bulan.

Tujuan perencanaan dalam manajemen tersebut harus miliki 3 syarat yaitu:

  • Jelas
  • Memungkinkan untuk dicapai
  • Tidak terlalu ringan

Menentukan kedudukan perusahaan dalam kaitannya dengan tujuan yang hendak dicapai

Hal ini juga dapat berarti menentukan tujuan-tujuan atau subtujuan yang akan menopang pencapaian tujuan utama tersebut. Misalnya, mengidentifikasi seberapa banyak penjualan yang dibutuhkan dan berapa banyak biaya untuk memenuhi tujuan meningkatkan penjualan sebesar 50 persen.

Menentukan faktor-faktor yang mendukung dan yang menghambat tercapainya tujuan

Pengumpulan informasi ini mencakup lingkungan eksternal dan internal. Pertimbangan lingkungan eksternal dapat berupa kompetisi dan persaingan perusahaan di masa sekarang dan yang akan datang. Penilaian lingkungan internal dapat terdiri dari kelemahan dan kelebihan perusahaan.

Merumuskan kegiatan yang harus dilaksanakan

Setiap tujuan harus memiliki tugas atau proyek yang terkait dengan pencapaiannya. Misalnya, jika tujuan perusahaan adalah untuk meningkatkan keuntungan sebesar 50 persen, maka manajer perlu menguraikan tugas yang dibutuhkan untuk memenuhi tujuan itu. Contoh tugasnya seperti meningkatkan staf penjualan atau mengembangkan  pelatihan staff penjualan.

Itulah langkah-langkah perencanaan manajemen secara umum. Lihat juga manfaat perencanaan dalam manajemen :)