KRITERIA LIKUIDITAS BANK

Kriteria Likuiditas Bank

Kriteria likuiditas bank itu seperti apa sih ?

Pada artikel sebelumnya kita sudah mengetahui tentang pengertian likuiditas bank. Ada beberapa kriteria yang dapat dipakai untuk mengukur ataupun mengevalusi tingkat likuiditas suatu bank. Kriteria untuk mengevaluasi likuiditas bank (kriteria likuiditas bank) antara lain :

  • Kemampuan bank yang baik untuk memperoleh cash assets dengan menciptakan hutang-hutang baru dengan segera.
  • Bank yang bersangkutan mempunyai cash assets baik yang ada pada khasanah, di rekening bank sentral atau rekening bank lainnya.
  • Walaupun cash assets yang dimiliki bank kurang memadai, namun bank memiliki sejumlah assets lain terutama surat-surat berharga yang dapat ditunaikan dengan segera tanpa mengalami kerugian.

Dapat disimpulkan bahwa kriteria bank yang likuid adalah bank yang sanggup untuk memenuhi setiap kewajiban kepada para deposannya dan mempunyai kemampuan memenuhi penyediaan dana kepada para debiturnya dengan segera. Pengelolaan likuiditas suatu bank merupakan suatu usaha yang terus menerus dalam pengadaan cash assets, agar dapat memenuhi:

  • Short term or seasonal liquidity requirements
  • Legal reserves requirements
  • Working capital requirements
  • Cyclical and secular liquidity requirements.

Masalah pengaturan likuiditas merupakan masalah yang rumit bagi manajemen Bank, sebab tingkat likuiditas yang rendah akan mengancam kreditabilitas bank yang bersangkutan dan sebaliknya tingkat likuiditas yang tinggi akan mengancam profitabilitasnya. Hingga akhirnya masalah profitabilitas dan likuiditas tetap merupakan dilema yang berkepanjangan bagi setiap manajemen perbankan. Oleh karena itu, untuk mencegah adanya salah urus dalam pengelolaan likuiditas ini maka setiap manajemen bank perlu memahami seluk beluk masalah ini.

Itulah beberapa kriteria likuiditas bank yang perlu kamu ketahui. Baca juga pendapatan operasional dan nonoperasional bank :)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *