KONSEP DASAR AKUNTANSI MENURUT PAUL GRADY

Konsep Dasar Akuntansi Menurut Paul Grady

Paul Grady mengemukakan bahwa konsep dasar akuntansi itu terdiri dari:

Monetary Expression in Accountings

Menerangkan bahwa nilai ukur dari transaksi-transaksi yang terjadi di dalam suatu perusahaan hendaknya diekspresikan (diwujudkan) dalam suatu kesatuan mata uang tertentu.

Diversity in accounting among independent entities

Yaitu akuntansi menghendaki adanya kebebasan proses akuntansi yang akan dipakai di dalam masing-masing lembaga usaha tertentu.

Society dan Goverment stucture honoring private property rights

Menerangkan bahwa pelaksanaan akuntansi itu juga tergantung pada struktur pemerintah dan struktur masyarakat.

Conservatisme

Menerangkan bahwa prinsip konsevatisme bukanlah merupakan suatu kebijaksanaan yang sengaja dibuat untuk menciptakan suatu understatement, tetapi justru merupakan suatu quality judgment yang diperlukan untuk mewujudkan sikap kehati-hatian di dalam situasi yang penuh dengan ketidakpastian dan kemungkinan menanggung resiko.

Specific bussines entity

Mempunyai pengertian yang sama dengan bussines entity yang dikemukakan oleh Paton dan Littleton

Going concern

Mempunyai pengertian yang sama dengan concept continuity of activity atau continuity of operation.

Consistency between periods for the some entities

Mempunyai pengertian yang sama dengan consistency.

Dependability of data Internal control

Data-data akuntansi itu haruslah objektif dan dapat dipercaya akan kebenarannya. Untuk mewujudkan hal tersebut maka diperlukan suatu sistem internal control yang baik pula.

Materiality

Akuntansi yang baik hendaknya memperhatikan hal-hal yang bersifat material, yaitu yang sekiranya akan memberikan pengaruh terhadap sesuatu keadaan sehingga ia akan memberikan pengaruh terhadap judgment dari orang yang bertugas mengerjakan pekerjaan. Batasan mengenai hal yang material / tidak material merupakan suatu hal yang bersifat relatif.

Time liness in financial & reporting requires estimates

Dikarenakan kegiatan perusahaan itu berjalan terus menerus maka untuk menyediakan data secara periode ke periode haruslah dibuat suatu estimate ( estimasi ) tentang posisi hasil operasi pada periode tersebut.

Itulah penjelasan mengenai konsep dasar akuntansi menurut paul grady. Semoga kamu paham ya ! Baca juga 7 konsep dasar paton dan littleton :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *