JURNAL BIAYA OVERHEAD PABRIK

Artikel jurnal biaya overhead pabrik ini akan membahas cara pencatatan biaya overhead pabrik & contoh jurnal biaya overhead pabrik.

Jurnal Biaya Overhead Pabrik

Apa yang dimaksud dengan biaya overhead pabrik ?

Pengertian biaya overhead pabrik adalah seluruh biaya pengoperasian pabrik yang tidak termasuk ke dalam golongan bahan baku langsung dan tenaga kerja langsung. Biaya overhead pabrik ini akan dimasukkan langsung ke rekening Overhead Pabrik ketika biaya overhead pabrik benar-benar terjadi. Untuk mengilustrasikannya, coba perhatikan contoh soal biaya overhead pabrik dan jawabannya di bawah ini.

SOAL


Apa ayat jurnal untuk mencatat pengeluaran biaya-biaya di bawah ini ?

Jasa umum (air dan pembangkit tenaga listrik) 180 juta
Sewa peralatan 120 juta
Berbagai macam biaya pabrik 100 juta

JAWABAN

Jurnal untuk biaya overhead pabrik  yaitu :

Overhead Pabrik          400 juta

Hutang Dagang           400 juta


SOAL

Perusahaan mengakui pajak kekayaan yang timbul 250 juta selama bulan April dan mengakui asuransi yang sudah habis waktunya atas bangunan dan peralatan pabrik sebesar 50 juta. Apa ayat jurnal untuk mencatat pos-pos tersebut ?


JAWABAN

Overhead Pabrik    300 juta

Hutang Pajak Kekayaan    250 juta

Persekot Asuransi                50 juta


SOAL

Perusahaan mengakui depresiasi aktiva pabrik selama bulan April sebesar 100 juta. Apa ayat jurnal untuk mencatat timbulnya depresiasi ?


JAWABAN

Overhead Pabrik    100 juta

Akumulasi Depresiasi    100 juta


Pendek kata, seluruh biaya overhead pabrik akan dicatat secara langsung kedalam rekening Overhead Pabrik ketika terjadi hari demi hari sepanjang suatu periode. Dari ayat jurnal diatas dapat dilihat bahwa pencatatan biaya overhead pabrik tersebut sesungguhnya tidak berpengaruh terhadap rekening Produk Dalam Proses.

Itulah penjelasan singkat mengenai beberapa contoh pencatatan biaya overhead pabrik dan jurnal biaya overhead pabrik. Semoga bisa dimengerti. Baca juga pembebanan biaya non departemen produksi ke dalam produk jadi :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *