JENIS-JENIS AUDITOR DAN PENJELASANNYA

Jenis-Jenis Auditor dan Penjelasannya

Apa yang dimaksud dengan auditor ? Apa saja jenis auditor dan contohnya ?


Auditor adalah orang yang melakukan kegiatan auditing. Jenis auditor berbeda-beda tergantung jenis jenis audit yang dilakukannya. Lalu apa saja jenis jenis auditor yang dikenal masyarakat ? Jenis auditor menurut para ahli dibedakan menjadi :

Auditor Internal (Internal Auditor)
Pengertian auditor internal adalah auditor yang dipekerjakan oleh suatu entitas usaha dan bekerja untuk perusahaan tersebut. Auditor internal hanya memeriksa dokumen-dokumen keuangan internal yang diberikan oleh pihak-pihak manajemen dalam ruang lingkup yang terbatas.Auditor internal juga membantu perusahaan untuk meningkatkan akurasi data keuangan mereka dan menghindari masalah hukum atau keuangan.

Auditor Independen (Independent Auditor)

Pengertian auditor independen adalah auditor eksternal yang pada umumnya merupakan anggota kantor akuntan publik yang memberikan jasa audit profesional untuk masing-masing klien. Di luar negeri sebutan auditor independen adalah CPA. Auditor independen haruslah benar-bener independen yang tidak dipengaruhi oleh pihak-pihak manapun.

Auditor Pemerintah (Government Auditor)

Auditor pemerintah adalah auditor yang bekerja pada sektor-sektor pemerintahan. Auditor pemerintah pada umumnya meninjau keuangan dan praktek lembaga-lembaga pemerintahan. Hasilnya akan dijadikan acuan dalam membuat dan mengelola beberapa kebijakan dan anggaran.

Auditor Forensik (Forensic Auditor)

Auditor forensik adalah auditor yang mempunyai spesialisi dalam tindakan kriminal keungan. Biasanya mereka memeriksa beberapa dokumen yang terkait dengan tindakan kriminal seperti kejahatan perbankan, fraud, money laundry, serta melacak uang yang digunakan untuk mencari tahu di mana uang itu berasal dan dimana uang itu tersimpan. 


Itulah jenis-jenis auditor dan penjelasannya. Baca juga jenis jenis audit dan pengertiannya supaya kamu lebih mengerti akan jenis audit dan auditor :)