JENIS-JENIS AUDIT DAN PENGERTIANNYA

Artikel jenis jenis audit ini akan menjelaskan macam macam audit / jenis-jenis audit beserta contohnya (jenis jenis audit dan penjelasannya).


Jenis-Jenis Audit dan Pengertiannya

Jenis jenis audit dan contohnya itu seperti apa sih ?


Jenis-jenis audit ditinjau dari luasnya pemeriksaan / jenis audit ditinjau dari jenis pemeriksaan adalah sebagai berikut :

Financial Audit (Pemeriksaan Laporan Keuangan)

Financial Audit adalah suatu review atas kelayakan penyajian laporan keuangan yang dibuat oleh manajemen. Pemeriksaan seperti ini tidak dilaksanakan secara detail, dan didalam melakukan pemeriksaan keuangan ini hal yang terpenting adalah pemeriksaannya harus dilakukan sesuai dengan Norma / prosedur pemeriksaan audit.

Compliance Audit (Audit Kepatuhan Tata Tertib Peraturan)

Pengertian compliance audit adalah pemeriksaan terhadap tingkat kepatuhan para pelaksana operasional perusahaan dalam menjalankan setiap prosedur dan kebijaksanaan yang telah ditetapkan.

Operational Audit (Audit Operasional)

Pengertian operational audit adalah suatu pemeriksaan yang mencakup suatu hal atau operasi tertentu yang biasanya diluar juridiksi Controller atau Treasurer dalam suatu perusahaan/ operasi. Jadi tujuan terpenting dari pada audit operasionil adalah menilai efisiensi dan efektivitas dari aktivitas operasi perusahaan dengan cara melakukan review terhadap prosedur-prosedur dan metode-metode yang dijalankan dalam perusahaan, dimana hasil penilaiannya dapat diajukan kepada manajemen yang akan bermanfaat untuk penyempurnaan operasi yang telah ada.

Special Audit (Pemeriksaan Khusus)

Special review / special Audit / Investigation adalah pemeriksaan yang dilakukan apabila diketahui adanya indikasi kecurangan yang dilakukan oleh manajemen (fraud audit), atau apabila pemeriksaan tersebut diluar dari pada golongan pemeriksaan keuangan, pemeriksaan operasional dan pemeriksaan kepatuhan.

Information Systems (IS) Audit (Audit Sistem Informasi)

Yaitu pemeriksaan sistem yang mengatur pengembangan, pengoperasian, pemeliharaan, dan keamanan sistem aplikasi dalam lingkungan tertentu. Jenis audit ini melibatkan pusat data (data center), sistem operasi, perangkat lunak yang digunakan dsb.


Nah itulah penjelasan singkat mengenai jenis-jenis audit dan pengertiannya. Semoga kamu semakin mengerti akan jenis jenis audit dan aplikasinya ya teman ! Baca juga pengertian auditing menurut para ahli :)