JENIS BIAYA NON PRODUKSI (NON MANUFACTORING COST)

Jenis Biaya Non Produksi

Apa yang dimaksud dengan biaya non produksi ? Apa itu biaya non produksi ?

Pengertian non manufacturing cost / definisi non manufacturing cost adalah semua biaya yang tidak terkait secara langsung dalam proses pembuatan sebuah produk.

 Jenis biaya non produksi terbagi ke dalam dua kategori yaitu  :

  • Biaya pemasaran atau penjualan (Marketing atau selling costs)
  • Biaya administratif (Administrative costs)

Biaya pemasaran atau biaya penjualan adalah semua biaya yang diperlukan untuk menjamin pesanan konsumen dan menyampaikan produk jadi atau jasa ke tangan konsumen. Contoh biaya pemasaran meliputi biaya iklan, biaya pengiriman, biaya perjalanan bagian penjualan, biaya komisi dan gaji bagian penjualan, dan biaya lainnya yang sejenis. Seluruh organisasi mempunyai biaya pemasaran, tanpa memandang apakah organisasi itu bersifat manufaktur, dagang, ataukah perusahaan jasa.

Sedangkan administrative cost adalah seluruh biaya eksekutif, biaya organisasi, dan biaya catat mencatat yang tidak dimasukkan kedalam biaya produksi ataupun biaya pemasaran. Contoh biaya administratif meliputi gaji eksekutif, biaya akuntansi umum, gaji sekretaris, biaya humas, dan biaya lainnya yang sejenis yang berkaitan dengan administrasi umum organisasi sebagai suatu ke seluruhan. Sebagaimana halnya dengan biaya pemasaran, seluruh organisasi mempunyai biaya administratif.

Itulah jenis-jenis biaya non produksi & contoh biaya non produksi secara umum. Semoga bermanfaat ! Baca juga pengertian akuntansi biaya menurut para ahli :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *