INTERNAL CONTROL AUDIT

Internal Control Audit


Apa pengertian internal control dalam audit / definisi internal control dalam auditing ?


Pengertian internal control audit adalah upaya memastikan rencana organisasi serta prosedur-prosedur dan catatan-catatan yang berhubungan dengan pengamanan harta kekayaan perusahaan telah dilakukan dengan benar.

Tujuan internal control audit adalah untuk meyakinkan bahwa :

1) Transaksi-transaksi dilaksanakan sesuai dengan persetujuan atau wewenang pimpinan baik yang bersifat umum maupun yang bersifat khusus.

2) Transaksi-transaksi dicatat sedemikian rupa sehingga :

  • Memungkinkan dibuatnya laporan keuangan yang sesuai dengan prinsip-prinsip Akuntansi atau kriteria lain yang sesuai dengan tujuan laporan-laporan tersebut.
  • Menekankan pertanggungjawaban atas harta perusahaan.

3) Penguasaan atas harta perusahaan diberikan hanya dengan persetujuan atau wewenang pimpinan.

4) Jumlah Aktiva/harta perusahaan seperti yang tercantum dalam catatan perusahaan dicocokkan dengan aktiva/harta yang ada pada waktu yang tepat dan tindakan yang sewajarnya diambil jika terjadi perbedaan.


Apa pengaruh internal control terhadap proses audit ?


Di dalam pemeriksaan umum (general services) akuntan publik / auditor TIDAK bertanggung jawab atas kecurangan yang terjadi, sepanjang ia telah melakukan prosedur-prosedur pemeriksaan (audit procedure) sebagaimana mestinya. Apabila dari hasil evaluasi terhadap sistem pengendalian interen, Akuntan publik menemukan adanya indikasi terjadinya kecurangan, ia berkewajiban untuk memberitahukannya kepada management tetapi ia tidak dapat menjamin atau bertanggung jawab bahwa kecurangan tersebut akan ditemuinya dalam pemeriksaan.

Dalam pemeriksaan umum, akuntan publik / auditor bertanggung jawab atas opini yang diberikannya, dan tidak bertanggung jawab atas ditemui tidaknya kecurangan yang terjadi. Akuntan publik / auditor bertanggung jawab terhadap kecurangan yang terjadi, HANYA apabila pada saat melakukan evaluasi internal kontrol ia menemukan adanya indikasi kecurangan tetapi ia tidak memberitahukan kepada managemen, dan tidak mencoba menemukannya dengan menambah sampel dalam pemeriksaan.


Pendek kata akuntan publik / auditor bertanggung jawab atas kecurangan, hanya apabila dia telah lalai dalam menjalankan tugasnya sebagai profesional. Oke ! Semoga teman-teman bisa memahami arti dari internal control audit ini ya !