HUBUNGAN AKUNTANSI MANAJEMEN DAN AKUNTANSI KEUANGAN

Materi akuntansi manajemen kali ini akan menjelaskan tentang hubungan antara akuntansi manajemen dan akuntansi keuangan.

Hubungan Akuntansi Manajemen dan Akuntansi Keuangan

Apa hubungan akuntansi manajemen dengan akuntansi keuangan ?

Meskipun terdapat perbedaan antara akuntansi keuangan dengan akuntansi manajemen, tetapi keduanya ada kesamaan, setidak-tidaknya dalam dua hal. Pertama, keduanya sama-sama bersandar pada sistem informasi akuntansi. Mempunyai dua sistem pengumpulan data berbeda yang berjalan berdampingan, akan merupakan pemborosan uang. Karena alasan ini, akuntansi manajemen memanfaatkan seluas-luasnya data akuntansi keuangan yang dihasilkan secara rutin, meskipun akuntansi manajemen memperluas dan menambah data tersebut.

Kedua, baik akuntansi keuangan maupun akuntansi manajemen sangat bersandar pada konsep pertanggungjawaban atau kepengurusan. Akuntansi keuangan berkaitan dengan kepengurusan perusahaan sebagai suatu keseluruhan, sedangkan akuntansi manajemen berkaitan dengan kepengurusan bagian perusahaan, dan kaitan ini meluas sampai pada orang terakhir dalam organisasi yang mempunyai tanggung jawab apapun atas biaya. Sesungguhnya, dari sudut pandang akuntansi pertanggungjawaban, akuntansi keuangan dapat dipandang sebagai posisi puncak, sedang akuntansi manajemen sebagai pengisi bagian terbesar di bawah akuntansi keuangan.

Dari pembahasan di atas dapat disimpulkan bahwa hubungan antara akuntansi manajemen dengan akuntansi keuangan sangat erat kaitannya dalam kelangsungan hidup sebuah bisnis. Akuntansi keuangan berfokus pada informasi keuangan secara teknis sedangkan akuntansi manajemen membuat informasi tersebut menjadi lebih luas agar bisa digunakan & diimplementasikan oleh pihak manajemen agar bisnisnya tetap survive.

Semoga kamu bisa memahami hubungan akuntansi manajemen dan akuntansi keuangan ini ya ! Baca juga manfaat informasi akuntansi bagi manajer :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *