GENERAL AUDIT DAN SPECIAL AUDIT

General Audit dan Special Audit

Apa definisi general audit dan special audit ? Apa contoh general audit dan special audit ?


General audit (Pemeriksaan Umum)

Pengertian general audit adalah pemeriksaan yang dilakukan oleh akuntan publik atas ikhtisar keuangan perusahaan untuk menetapkan kelayakan penyajian ikhtisar keuangan tersebut sesuai dengan prinsip-prinsip akuntansi yang diterapkan secara konsisten dengan tahun sebelumnya.

Contoh general audit : Pemeriksaan (dan memberikan opini) atas kewajaran laporan keuangan yang dilakukan oleh auditor KAP kepada kliennya (perusahaan yang diaudit)

Special audit (pemeriksaan khusus)

Pengertian special audit adalah pemeriksaan atas satu atau beberapa bagian dari ikhtisar keuangan perusahaan. Contoh special audit : Pemeriksaan  seberapa besarnya lapping yang terjadi atas penerimaan piutang, memeriksa apakah kebijaksanaan-kebijaksanaan manajemen yang telah ditetapkan dijalankan dengan semestinya dsb.


Apa perbedaan general audit dan special audit ?


Perbedaan general audit dengan spesial audit terletak pada luasnya pemeriksaan dimana general audit lebih luas jangkauannya dalam suatu pemeriksaan apabila dibandingkan dengan special audit.

Selain itu, perbedaan antara kedua jenis pemeriksaan tersebut terletak dalam penggunaan establish criteria dalam pelaksanaan pemeriksaannya dimana general audit memiliki establish criteria yang telah diterima secara umum misalnya Prinsip Akuntansi Berlaku Umum (untuk Indonesia), sedangkan special audit tidak memilki establish criteria yang telah diterima secara umum, criteria yang digunakan didalam special audit bergantung pada kebijaksanaan manajemen dengan akuntan pemeriksa (auditor).


Semoga artikel pengertian general audit dan special audit ini bisa menambah wawasan teman-teman semua. Baca juga jenis jenis audit dan contohnya :)