FUNGSI MODAL BANK

Artikel fungsi modal perbankan ini akan menjelaskan tentang pengertian modal bank & fungsi modal bagi perbankan (fungsi modal dalam industri perbankan).

Fungsi Modal Bank

Fungsi modal dalam perbankan / fungsi modal bagi suatu bank itu apa aja sih ?

Definisi modal bank adalah sejumlah dana yang ditanamkan ke dalam suatu perusahaan perbankan oleh para pemiliknya untuk membentuk usaha perbankan dan dalam perkembangannya modal tersebut dapat berkurang dan menyusut karena kerugian, ataupun bisa bertambah dan berkembang karena keuntungan-keuntungan yang diperolehnya.

Modal bank terdiri dari modal yang telah disetor oleh para pemiliknya ditambah cadangan umum dan cadangan lainnya serta ditambah lagi sisa laba/rugi pada tahun yang lalu maupun tahun yang sedang berjalan.

Fungsi modal bank menurut pakar :

Adapun fungsi penting modal bagi perbankan / fungsi utama modal bagi bank antara lain :

  • Sebagai sumber dana yang diperlukan untuk membiayai kegiatan usahanya sampai batas-batas tertentu. Sumber modal perbankan dapat juga berasal dari hutang penjualan assets yang tidak terpakai dan lain sebagainya.
  • Sebagai ukuran kemampuan bank tersebut untuk menyangga kerugian-kerugian yang tidak dapat dihindarkan (fungsi modal bank sebagai pelindung).
  • Sebagai alat pengukur besar-kecilnya kekayaan yang dimiliki oleh para pemegang saham.
  • Dengan modal yang mencukupi memungkinkan bagi manajemen bank yang bersangkutan untuk bekerja dengan efsiensi yang tinggi, seperti yang dikehendaki oleh para pemilik modal pada bank tersebut.

Nah itulah beberapa fungsi modal bank yang perlu kamu ketahui. Semoga bermanfaat ! Baca juga biaya operasional dan nonoperasional bank :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *