FUNGSI INTERNAL AUDIT DALAM PERUSAHAAN

Fungsi Internal Audit Dalam Perusahaan

Apa fungsi internal audit bagi perusahaan / manfaat audit internal bagi perusahaan ?


Berikut ini tinjauan fungsi audit internal menurut para ahli :

Fungsi audit internal menurut Mulyadi :

Fungsi audit internal di dalam organisasi adalah untuk menentukan apakah internal control perusahaan sudah baik atau belum, menentukan kehandalan informasi yang telah dibuat oleh pihak manajemen serta untuk menentukan tingkat efektivitas dan efisiensi atas berbagai kegiatan operasional organisasi.

Fungsi audit internal menurut Sawyer :

Fungsi audit internal adalah untuk memeriksa dan mengevaluasi aktivitas-aktivitas perusahaan. Dalam perusahaan, audit internal dapat berfokus pada manajemen risiko, proses pengamanan aktiva atau bahkan mempertahankan kepatuhan (audit compliance) terhadap peraturan. Fokus audit internal juga tergantung dari banyaknya departemen bisnis yang ada dalam perusahaan.

Fungsi internal audit menurut IIA :

Fungsi audit internal di dalam organisasi adalah untuk :

  • Membantu melindungi aset dan mengurangi kemungkinan terjadinya tindakan penipuan
  • Meningkatkan efisiensi dalam operasi
  • Meningkatkan keandalan dan integritas keuangan
  • Memastikan kepatuhan terhadap hukum dan peraturan perundang-undangan
  • Menetapkan prosedur monitoring

Sedangkan fungsi audit internal dalam mewujudkan good corporate governance adalah untuk memaksimalkan value bisnis perusahaan dengan cara meningkatkan prinsip-prinsip good corporate governance seperti Transparency (keterbukaan informasi), Accountability (akuntabilitas), Responsibility (pertanggungjawaban), Independency (kemandirian) dan Fairness (kesetaraan dan kewajaran) dalam pelaksanaan kegiatan bisnis.


Nah itulah beberapa fungsi internal audit dalam perusahaan. Semoga materi audit internal ini bisa menambah wawasan teman-teman semua :)