CONTOH PENDAPATAN OPERASIONAL DAN NON OPERASIONAL


Contoh Pendapatan Operasional (Operating Revenue)

Apa saja macam-macam pendapatan operasional perusahaan dagang ?


Adapun jenis-jenis pendapatan operasional antara lain adalah :

Sales (Penjualan)

Sales adalah hasil penjualan barang-barang yang menjadi obyek usaha pokok perusahaan. Bagi perusahaan perdagangan, Sales merupakan hasil penjualan barang-barang dagangannya. Sedangkan bagi perusahaan industri, Sales merupakan hasil penjualan barang-barang hasil produksinya.

Sales dapat dibedakan atas :

  • Gross Sales (Penjualan Bruto), yaitu semua hasil penjualan, sebelum dikurangi dengan berbagai potongan atau pengurangan-pengurangan lainnya.
  • Net Sales (Penjualan Netto), yaitu hasil penjualan bersih yang sudah diperhitungkan (dikurangkan) berbagai potongan dan pengurangan-pengurangan lainnya.

Purchase Discount (Potongan Pembelian Tunai)

Purchase discount adalah potongan yang diperoleh perusahaan karena dalam melakukan pembelian barang-barang yang merupakan obyek usaha pokok perusahaan, dengan pembayaran tunai.

Purchase Allowance (Penerimaan tambahan dari Pembelian)

Purchase Allowance adalah tambahan barang (ekstra) yang diterima dari pihak penjual, karena perusahaan dalam melakukan pembelian barang-barang dengan pembayaran tunai, atau karena perusahaan membeli barang-barang dalam jumlah (partai) besar.


Contoh Pendapatan Non Operasional (Non Operating Revenues)

Apa contoh pendapatan non operasional perusahaan dagang ?


Sedangkan contoh non operating revenue adalah sebagai berikut :

Interest Earned (Penghasilan Bunga)

Interest Earned adalah bunga yang merupakan penghasilan dan sudah menjadi hak perusahaan, atas jasa-jasanya memberikan pinjaman uang kepada pihak lain.

Rent Earned (Penghasilan Sewa)

Rent Earned adalah sewa yang merupakan penghasilan dan sudah menjadi hak perusahaan, karena jasa-jasanya menyewakan sesuatu hartanya kepada pihak lain.

Cash Dividend Earned (Penghasilan Dividend Kas)

Cash Dividend Earned adalah uang yang merupakan penghasilan dan sudah menjadi hak perusahaan sebagai bagian laba karena perusahaan memiliki saham-saham yang dikeluarkan oleh perusahaan lain.

Profit

Profit adalah laba yang diperoleh perusahaan, karena perusahaan menjual harta (assets) selain barang-barang yang merupakan obyek usaha pokoknya. Misalnya laba dari penjualan Marketable Securities, laba dari penjualan Office Furniture and Fixture, laba penjualan Machinery, laba penjualan Delivery Equipment dan sebagainya.


Itulah beberapa contoh pendapatan operasional dan non operasional dalam perusahaan dagang. Semoga bermanfaat :)