CONTOH KAS DAN SETARA KAS

Materi kas dan setara kas ini akan menjelaskan pengertian setara kas dan contohnya (jenis kas selain uang tunai)


Contoh Kas dan Setara Kas

Apa definisi kas dan setara kas ? Apa saja macam macam kas dan setara kas / jenis kas dan setara kas ?


Pengertian kas dan setara kas adalah semua mata uang kertas dan logam, baik mata uang dalam negeri maupun luar negeri, serta semua surat-surat yang mempunyai sifat seperti mata uang, yaitu sifatnya dapat segera dipergunakan untuk melakukan pembayaran-pembayaran dengan segera.

Dari pengertian tersebut, maka yang termasuk dalam perkiraan kas dan setara kas sebagai salah satu unsur aktiva lancar, antara lain :

  • Mata uang, kertas atau logam yang dikeluarkan oleh Pemerintah.
  • Mata uang asing, yang dikeluarkan oleh negara lain.
  • Bank Notes, adalah mata uang kertas atau logam yang dikeluarkan oleh Bank (untuk di Indonesia, oleh Bank Indonesia).
  • Check (Cek), adalah surat perintah yang dibuat oleh sesuatu pihak yang mempunyai simpanan (tabungan) di Bank, yang isinya agar Bank tersebut membayar sejumlah uang tertentu kepada pihak lain yang disebutkan didalamnya.
  • Certified Check, adalah cek yang dibuat oleh sesuatu pihak lain dan sudah mendapat ’’tanda pengesahan” (certified) oleh Bank yang bersangkutan, sebagai tanda bahwa check tersebut memang cukup mempunyai dana (bukan check-kosong).
  • Cashier’s Check, adalah cek yang dibuat oleh sesuatu Bank, sehingga merupakan surat perintah bayar dari Bank kepada Bank itu sendiri. Check semacam ini seringkali digunakan oleh Bank yang bersangkutan untuk melakukan sesuatu pembayaran-pembayaran, atau kadang-kadang dijual kepada pihak lain yang menginginkan, sebab check tersebut lebih terjamin kepastian pembayarannya, dan tidak ada kekhawatiran bahwa check itu merupakan ’’check kosong” (check yang tidak cukup dana untuk pembayarannya).
  • Demand deposit, adalah simpanan uang di Bank yang setiap waktu diperlukan dapat segera diambil kembali.
  • Postal money order, adalah sejenis post-wesel yang setiap waktu dapat ditukarkan uang ke Kantor Pos.
  • Money order (Surat perintah bayar) yang setiap waktu dapat ditukarkan uang kepada yang disebutkan dalam surat tersebut. Biasanya antara pihak pemberi perintah dan yang diberi perintah bayar tersebut ada hubungan erat, seperti misalnya antara induk perusahaan dengan cabang-cabang (perwakilan-perwakilannya).
  • Traveler’s Check adalah check yang dikeluarkan oleh suatu Bank untuk kepentingan orang-orang yang bepergian (traveler), dan dapat digunakan untuk melakukan pembayaran-pembayaran ongkos-ongkos penginapan (hotel) dan sebagainya.

Sehubungan dengan masalah check, ada beberapa istilah cek yang perlu ketahui yaitu :

  • Outstanding check, adalah check yang sudah dikeluarkan oleh sesuatu pihak untuk sesuatu pembayaran kepada pihak lain, tetapi oleh pihak lain tersebut, check itu belum dimintakan pembayarannya kepada Bank yang bersangkutan.
  • Check – Book, adalah buku yang terdiri dari lembaran-lembaran (blangko) kosong check yang dimiliki oleh sesuatu pihak yang mempunyai simpanan di Bank, untuk diisi bilamana ingin membuat (menarik) check guna sesuatu keperluan.
  • Voided-Check, adalah check yang telah ditulis, tetapi karena ternyata terjadi salah tulis, maka check tersebut dinyatakan batal. Tanda pembatalan ini berupa tulisan ”Void” pada check yang bersangkutan.

Itulah beberapa contoh kas dan setara kas yang perlu kamu ketahui. Semoga bermanfaat :)