CIRI-CIRI KEPEMIMPINAN YANG BAIK

 Apa itu kepemimpinan yang baik ? Kepemimpinan yang baik itu seperti apa ?

Ciri-ciri Kepemimpinan Yang Baik

Kepemimpinan yang baik adalah kondisi dimana seorang pemimpin mampu memimpin, memotivasi, mengembangkan dan mengarahkan para bawahannya untuk bertindak ke arah kesuksesan bersama.

Adapun ciri-ciri kepemimpinan yang baik adalah sebagai berikut :

Jujur

Ciri ciri utama kepemimpinan yang baik adalah adanya kejujuran baik di pada diri pemimpin ataupun bawahannya. Kepemimpinan yang dibangun atas dasar kebohongan sama saja dengan membuat bangunan pasir di tepi pantai yang akan roboh menunggu waktu diterjang ombak.

Berpikiran terbuka

Kepemimpinan yang baik seharusnya bisa menerima masukan dari orang lain dan tidak mengganggap diri sendiri selalu benar. Bersifat terbuka terhadap segala sesuatu yang berhubungan dengan tugas-tugasnya kepada orang lain ataupun bawahan juga akan sangat berguna dalam membangun sebuah tim yang solid

Tegas

Ciri-ciri kepemimpinan yang baik lainnya adalah mempunyai ketegasan. Kepemimpinan suatu organisasi ataupun suatu negara sekalipun haruslah dilandasi dengan sikap yang tegas, tidak plin plan dalam bertindak. Sikap yang tidak tegas akan membuat para bawahan ataupun lawan menjadi ragu dan kurang percaya terhadap segala tindak tanduk kita.

Komunikasi yang baik

Kepemimpinan yang baik haruslah mampu mengkomunikasikan berbagai konsep, ide-ide, gagasan, serta pengaturan-pengaturan yang ada padanya kepada orang lain dengan baik, mudah ditangkap, jelas dan meyakinkan. Hal ini merupakan modal dasar untuk dapat diterima oleh orang lain sebagai pemimpin.

Seseorang yang memiliki pemikiran atau perencanaan yang matang serta pengaturan yang baik belum tentu dapat bertindak atau diterima sebagai pemimpin apabila dia tidak dapat menyampaikan pemikiran atau konsep tersebut kepada orang lain.

Punya karakter suri tauladan yang baik

Memberikan suri tauladan yang baik kepada anak buah (bawahan), dapat membangkitkan semangat kerja kepada teman sekerja ataupun karyawan. Selain itu, suri tauladan yang baik juga akan memberikan kesempatan serta dorongan kepada bawahan untuk berinisiatif dan memperoleh kemajuan-kemajuan.

Hal ini diungkapkan oleh seorang tokoh pendidikan Bangsa Indonesia yaitu Ki Hajar Dewantoro dalam sebuah ungkapan bahasa Jawa yang berbunyi “Ing ngarso sung tulodo, ing madio mangun karso, tut wuri handayani”. Ungkapan tersebut dapat dianggap sebagai sifat-sifat kepemimpinan yang harus dimiliki oleh pimpinan Bangsa Indonesia.

Penggerak Kaderisasi

Dalam hal ini berarti bahwa seorang pemimpin yang baik haruslah dapat mengusahakan dan mencari serta menimbulkan kader-kader baru yang akan menggantikannya dalam melaksanakan kesinambungan pelaksanaan tugas-tugas. Dengan demikian akan terjadilah adanya alih generasi dalam kepemimpinan, sehingga tidak terjadi kemandegan atau stagnasi dalam pelaksanaan tugas.

Itulah beberapa ciri-ciri kepemimpinan yang baik. Semoga bermanfaat ! Baca juga manfaat perencanaan dan pengendalian produksi :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *